Membuat Kartu Ucapan, Cara Bikinnya Unik

Jika Anda kreatif atau memiliki ide baru dalam berkreasi sebuah kartu, Anda mungkin tidak akan merasa sulit untuk mulai mendesain kartu sendiri di rumah. Akan tetapi apabila masih pemula tentu bukan pekerjaan mudah saat merancang kartu ucapan, bahkan sayapun begitu. Namun ketika menerima beberapa kartu dalam bentuk ucapan selamat hari raya idul fitri, ucapan ulang tahun, hingga kata ucapan lainnya. Di saat itu sayapun berfikir, unik juga jika bisa membuat kartu sendiri dari bahan seperti kertas lipat, kertas hvs, kertas bufalo, kertas karton, maupun kertas lainnya. Tentu untuk mengawalinya bikin bingung, namun aku harus bisa. Apalagi menjelang hari raya lebaran, dimana kita juga bisa mengirim kartu ucapan selamat merayakan hari raya lebaran Idul Fitri untuk teman, pacar, keluarga hingga kolega jauh. Memang banyak sekali tersedia kartu ucapan lebaran di toko penyedia kartu disekitar rumah, bahkan secara online pun kita dapat membuat kartu tersebut.


Kartu untuk sebuah ucapan terkadang memang penting dalam menyampaikan ucapan selamat kepada yang merayakannya, bukan hanya kata-kata ucapan Idul Fitri saja, namun juga kata-kata perayaan ulang tahun, anniversary, serta lainnya baik itu berisi kata-kata mutiara, kata-kata bernuansa puisi maupun pantun. Ini berisi sangat Indah dan menyentuh hati. Bahkan banyak juga kartu ucapan yang bergambar romantis, lucu juga unik bisa diperoleh ataupun di download secara online. Namun ada baiknya sesekali kita juga membuat kartu ucapan dari hasil karya sendiri, itu akan lebih menyentuh karena memiliki arti tersendiri.


Nah bagi kamu yang tertarik untuk membuat kartu ucapan dengan cara bikinnya agar unik juga menarik, tapi masih bingung bagaimana membuat kartu ucapan tersebut. Berikut ini merupakan tips untuk melakukan cara-cara dalam membuat sebuah kartu ucapan, nantinya tergantun apakah itu berikan untuk merayakan Idul Fitri, Lebaran, Idul Adha, Ultah, maupun kartu ucapan romantis lainnya.

Membuat Kartu Ucapan, Cara Bikinnya Unik


Cara Membuat Kartu Ucapan


Hal pertama yang Anda butuhkan adalah:
  1. Stok kartu (jenis kertas tebal yang bisa berdiri sendiri saat dilipat)
  2. Sepasang gunting Alat pemangkas / pemotong
  3. Lem (variasi yang baik karena beberapa elemen mungkin membutuhkan jenis lem yang berbeda, misalnya permata palsu lebih berat sehingga membutuhkan perekat yang lebih kuat dan kuat)
  4. Kertas Dirancang Berwarna-warni. mulai dengan membeli beberapa lembar 12x12
  5. Aturan / penggaris Pisau kerajinan
  6. Opsional yang tidak benar-benar diperlukan untuk pemula tetapi dapat menambahkan sentuhan akhir pada kartu: brads, pita, media warna; contohnya: cat air, pensil, dll, stempel karet, dan bantalan tinta



Cara Mencetak Stok Kartu untuk Membuat Kartu Dasar Anda

Potongan kertas stok kartu dilipat menjadi dua bagian yang akan menjadi wadah Anda untuk kertas-kertas Anda yang dilapisi di bagian atas dan semua hiasan lainnya disebut "Kartu Dasar."

Untuk menghemat waktu Anda dapat membeli stok kartu yang sudah dilipat dalam berbagai bentuk: persegi panjang, persegi, dan bentuk mewah lainnya juga. 

Untuk membuat lipatan sendiri lebih kreatif, Anda perlu mencetak stok kartu terlebih dahulu. Mencetak sepotong kartu berarti menggunakan potongan logam yang tumpul (pisau mentega, misalnya) sebagai penggaris untuk membuat lekukan pada kartu stok. Ini membuatnya lebih mudah dilipat, sehingga menghindari tepian yang tidak rata pada sisi kartu. Singkatnya, terlihat lebih rapi dan lebih profesional.


Anda dapat skor menggunakan pena lama yang tidak berfungsi lagi, bagian belakang gunting atau alat scoring / embossing (ini terlihat seperti pena tetapi memiliki ujung putaran logam yang sempurna). Garis / alur skor yang dibuat akan melemahkan serat kertas agar Anda dapat melipat kartu stok dengan rapi.

Anda melipat di sisi gunung dan bukan lembah. Sisi gunung adalah benjolan garis skor Anda dan sisi lembah adalah garis / alur yang Anda tinggalkan. Jadi setelah Anda selesai mencetak kertas di tengah, balikkan kertas dan lipat. Saya tahu tampaknya agak aneh untuk melakukan itu tetapi percayalah, Anda mendapatkan tepi yang lebih baik pada kartu dasar Anda dengan cara itu.

Catatan: Jika Anda perlu memotong lembaran besar menjadi dua, garis penskoran tengah ini juga membuat garis potong yang sempurna. Cukup cetak lembaran besar, potong dua, dan kemudian skor dua bagian. Gunakan dua kartu dasar yang lebih kecil. Ini adalah trik yang bagus jika Anda ingin membuat beberapa kartu dasar sekaligus.

Cara Membuat Kartu Ucapan

Sekarang kita memiliki kartu dasar, kita bisa mulai menambahkan hiasan, kertas, dan sentimen. Berikut beberapa ide untuk hiasan kartu: Saya pribadi suka menambahkan kertas latar belakang meninggalkan tepi putih, pada dasarnya kartu dasar menunjukkan sekitarnya, karena memberi saya bingkai halus di sekitar kartu. Anda juga dapat menutupi seluruh bagian depan kartu dengan kertas bermotif. Saat menambahkan berbagai lapisan kertas dalam berbagai ukuran pada kartu, ada teknik yang disebut "anyaman." Artinya adalah untuk membuat elemen kertas menonjol, letakkan matras (bagian lain dari kertas kontras) di belakang elemen. Ini mirip dengan membingkai oleh seorang fotografer profesional di mana gambar memiliki bingkai tipis putih atau hitam yang menunjukkan di belakangnya, maka kata "anyaman," hampir seperti memiliki tikar kecil untuk menempatkan titik fokus di atas.


Ada juga tren baru yang bagus untuk bikin kartu sesederhana mungkin juga unik. Jika kamu suka tampilan minimalis yang mencolok, tetapi pastikan kartu dasar sangat kuat menggunakan stok kartu berkualitas tinggi. Karena kurang lebih, stok kartu yang baik, tebal, dan berkualitas menjadi sangat penting untuk kartu yang bagus. Tren "sederhana" baru ini menggunakan konsep ruang putih banyak. Memposisikan beberapa elemen dengan cara yang menarik membuat kartu menonjol.


Untuk kartu pertama, Anda dapat menggunakan rubokan yang sangat murah, ingat gambar-gambar yang dapat ditransfer ke kertas ketika zaman dulu?, Dengan gambar yang bagus dan beberapa sentimen. Dengan menggunakan alat scoring, tinggalkan saja pinggiran yang bermotif di sekitar kartu dasar dan kemudian tambahkan titik gambar fokus pada salah satu sudut kartu, posisikan sentimen di seluruh atau di bawahnya. Bisa juga ditambahkan beberapa pita di kartu baik secara vertikal maupun horizontal untuk menyelesaikan kartu.


Kiat Penting: Cobalah bereksperimen untuk memindahkan elemen di sekitar kartu sebelum merekatkannya atau, gosokkan gambar ke kartu dasar Anda.


Nah dengan membuat kartu ucapan lewat cara bikinnya yang unik tentunya akan lebih menarik. Saya berkeyakinan Anda mampu dan dapat dengan mudah berkreasi sesuai imaginasi serta kreativitas.


Temukan beragam panduan, langkah-langkah, pedoman, dan acuan lainnya pada tulisan carabuatmendaftar. Di carabuatmendaftar.blogspot.com, kamu bisa membaca bermacam-macam cara untuk memandu permasalahanmu. ***

Post a Comment for "Membuat Kartu Ucapan, Cara Bikinnya Unik"