Daftar GMail | Panduan Membuat & Masuk Akun Gmail Indonesia

Cara Mendaftar dan Masuk GMail itu Gratis serta Mudah. - Sebelum dapat memulai menggunakan akun Google adalah email GMail maka kamu harus mempersiapkan GMail baru terlebih dahulu. Ini penting supaya bisa login buat mengakses GMail baik itu kotak masuk maupun mengirim surat atau bahkan mendaftar akun media sosial seperti; Facebook, Twitter, Instagram, dll.


Dalam panduan mendaftar GMail untuk membuat juga masuk akun GMail dengan bahasa Indonesia, bisa lewat PC, Komputer, Laptop bahkan di hp Smartphone Android simak tutorialnya.





Menyiapkan akun Gmail

Untuk membuat alamat Gmail, Anda harus membuat akun Google terlebih dahulu. Gmail akan mengarahkan kita ke halaman pendaftaran akun Google. Kamu harus memberikan beberapa informasi dasar seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lokasi. Begitu juga memilih nama untuk alamat Gmail baru. Setelah membuat akun, kemudian dapat mulai menambahkan kontak sampai menyesuaikan pengaturan email.


Untuk membuat akun

1. Buka Google


Buka browser internet Anda dan masuk ke halaman beranda Google: http://www.google.co.id, lalu klik Gmail di sudut kanan atas halaman


2. Buat sebuah akun

Sekarang kita akan berada di bagian 'Masuk'. Karena belum memiliki akun Google, maka harus membuatnya. Klik Buat akun.


3. Mempersiapkan

Untuk menyiapkan akun baru, Google memerlukan beberapa informasi tentang Anda;

  • Nama depan dan belakang Anda. 'Pilih nama pengguna Anda' adalah alamat email unik yang ingin digunakan, yang akan ditempatkan sebelum ‘@ gmail.com’. Karena harus unik, Google mungkin harus memeriksa ketersediaan nama apa pun yang kamu putuskan untuk memastikan bahwa belum ada yang memilikinya.
  • Ketikkan nama email ke kotak ‘pilih nama pengguna’ dan kemudian isi sisa informasi Anda.



Catatan: Jika nama email yang diminta tidak tersedia, Anda akan mendapat pesan yang mengatakan bahwa seseorang telah memiliki nama pengguna tersebut dan menawarkan kamu beberapa alternatif. Silahkan memutuskan untuk menerima salah satu alternatif atau mengetik nama lain dan memeriksa ketersediaannya sekali lagi. Setelah menyelesaikan alamat email, ada baiknya untuk membuat catatan sehingga memudahkan untuk mengingatnya.


  • Setelah itu membuat kata sandi yang bertujuan untuk masuk dengan aman ke akun Anda. Google dapat menjelaskan bahwa setidaknya memiliki panjang 8 karakter agar aman. Gunakan huruf dan angka untuk membuat kata sandi lebih aman dan sulit ditebak. Disan kamu dapat menambahkan alamat email yang sudah ada untuk menjaga email baru tetap aman juga.



4. Verifikasi

Untuk sampai ke langkah berikutnya, Anda harus Tinjau Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google,  terlebih dahulu, setelah membacanya, klik pada Saya Setuju.


Google sekarang akan meminta untuk memverifikasi akun Anda melalui teks atau panggilan suara, pilih opsi yang Anda inginkan dan klik Lanjutkan


Jika Anda memilih opsi pesan teks Anda akan melihat jendela baru di mana diharuskan memasukkan kode yang telah dikirim Google ke nomor ponsel. Pilih Lanjutkan dan selamat kini kita telah membuat akun Gmail Anda.



Masuk ke akun Anda

Saat pertama kali membuat akun, Anda akan masuk secara otomatis. Namun, tentu saja kita harus masuk ke akun dan keluar setelah selesai. Sign-out sangat penting jika Anda menggunakan komputer bersama; misalnya, di perpustakaan atau kantor, karena ini mencegah orang lain melihat email Anda.


Untuk masuk/ membuka Google


Buka browser internet Anda dan masuk ke halaman beranda Google: http://www.google.co.id, lalu klik Gmail di sudut kanan atas halaman. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang sesuai dengan akun GMail.


Untuk keluar

Di sudut kanan atas halaman, cari lingkaran yang memiliki inisial pertama Anda tapi jika Anda sudah memilih gambar avatar, itu akan menampilkan gambar sebagai gantinya. Untuk keluar, klik lingkaran dan pilih Keluar.



Pengaturan email


Terkadang, mungkin ingin melakukan penyesuaian untuk penampilan atau perilaku Gmail. Misalnya, Anda dapat membuat tanda tangan atau balasan liburan, mengedit label, atau mengubah tema. Penyesuaian ini dapat dilakukan dari pengaturan email Anda.

Untuk mengakses pengaturan email Anda


1. Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman, lalu pilih Pengaturan.


2. Dari sini, Anda dapat mengklik salah satu kategori di bagian atas untuk mengedit pengaturan yang diinginkan.


Untuk menambahkan kontak


1. Di menu tarik-turun Gmail, pilih Kontak.


2. Layar kontak Anda akan muncul. Klik Tambahkan kontak baru.


3. Ketikkan nama atau alamat email seseorang. Jika mereka memiliki profil Google+, itu mungkin muncul di bawah. Klik Buat untuk menambahkan kontak.


4. Anda juga dapat mengetik informasi kontak tambahan jika diinginkan. Semua perubahan yang Anda lakukan akan disimpan secara otomatis.


Menambahkan kontak

Seperti semua penyedia email utama, Gmail memungkinkan Anda menyimpan buku alamat kontak sehingga Anda tidak perlu menghafal alamat email semua orang. Anda juga dapat menambahkan informasi kontak lainnya, seperti nomor telepon, hari ulang tahun, dan alamat fisik.


Untuk mengedit kontak

1. Di menu tarik-turun Gmail, pilih Kontak.


2. Klik kontak yang ingin Anda edit.


3. Anda sekarang dapat membuat perubahan apa pun yang diinginkan ke kontak.


Secara default, ketika Anda mengirim email ke alamat baru, Gmail menambahkan alamat ke kontak Anda. Kemudian dapat pergi ke kontak untuk mengedit informasi orang tersebut sesuai kebutuhan.



Mengimpor email dan kontak

Memungkin apabila sudah memiliki daftar kontak dari alamat email lain, dan akan banyak pekerjaan untuk memasukkan kembali semua informasi ini secara manual. Gmail mengizinkan kita mengimpor kontak dari akun email lain, dan bahkan dapat mengimpor semua pesan email dari akun itu. Beberapa penyedia email didukung, termasuk Yahoo dan Hotmail.

Untuk menambahkan akun lain:

1. Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman, lalu pilih Pengaturan.


2. Buka Akun dan klik Tambahkan akun email POP3 yang Anda miliki. Anda kemudian dapat mengikuti instruksi pada layar untuk mengimpor surat Anda.



Kesimpulan: 

1. Jika Anda belum memiliki akun Gmail, buat akun.

2. Buka Gmail.

3. Navigasikan ke pengaturan Gmail Anda.

4. Atur preferensi Anda di pengaturan Gmail Anda.


Itulah semua daftar GMail sebagai panduan membuat dan masuk akun Gmail bahasa Indonesia dengan mudah. Sebenarnya untuk mendaftar/ membuat GMail hingga masuk ke akun email selain lewat komputer atau laptop bisa juga di hp baik itu Android, Smartphone; iOS, Oppo, Nokia, Samsung, Lenovo dll.


Temukan beragam panduan, langkah-langkah, pedoman, dan acuan lainnya pada tulisan carabuatmendaftar. Di carabuatmendaftar.blogspot.com, kamu bisa membaca bermacam-macam cara untuk memandu permasalahanmu. ***

Post a Comment for "Daftar GMail | Panduan Membuat & Masuk Akun Gmail Indonesia"