KUMPULAN DAFTAR UCAPAN/KATA-KATA MUTIARA TAHUN BARU SAKA 1945 HARI RAYA NYEPI 2023

Sambut Hari Raya Nyepi 2023 yang jatuh pada Rabu (22/3/2023) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan silent day Bali 2023. carabuatmendaftar.blogspot.com


Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Dimana kata Nyepi berarti sepi, hening, sunyi, senyap. Ini memaknai juga bagi dimana masyarakat Bali merayakan atau memperingati Nyepi dengan hari dimana mereka tidak keluar rumah seharian,  Sehari setelah Ngerupuk dengan ogoh-ogoh buta kalanya, kemudian malam harinya sepi dan gelap gulita karena tidak boleh menyalakan lampu, hari yang memberi kesempatan untuk "mulat sarira"(introspeksi/kembali ke jati diri) dengan merenung atau meditasi, pelaksanaan Catur Brata Penyepian dalam pengertian hari bebas untuk pensucian juga instropeksi bertujuan supaya mencapai keseimbangan diri menuju tujuan hidup yang hakiki dan harmoni. Setelah meraih kesucian diri menjelang Nyepi dalam upacara Melasti dan serangkaian kegiatan hari-hari sebelumnya menandakan malam menjelang Tahun Baru Saka.


Seperti namanya perayaan tahun baru Saka bagi umat Hindu di Indonesia ini dirayakan sangat berbeda dengan perayaan Tahun Baru lainnya, dimana perayaan umumnya identik dengan gemerlapnya pesta dan kemeriahan, dan euforia dan pesta namun umat Hindu Bali menyambut tahun baru Saka dengan merayakan Nyepi.


Bagi segenap umat Hindu, Nyepi memiliki arti penting untuk merenungkan hakikat dan makna kehidupan di alam fana ini. Nyepi merupakan sarana introspeksi dan evaluasi diri untuk membersihkan jiwa dari segala bentuk perilaku yang tidak baik.


Di samping itu, Nyepi juga menjadi sarana untuk memaknai kehidupan yang lebih berarti, serta menjaga kesucian rohani menuju jalan yang benar, berdasarkan Dharma dan falsafah Tri Hita Karana. Semua pesan-pesan moral, spiritual, dan kebajikan yang disampaikan pada rangkaian Nyepi ini, pada hakikatnya tetap relevan kapan pun dan di mana pun.


Inilah keistimewaan Hari Raya Nyepi untuk menyambut Tahun Baru Saka. Bahkan keistimewaan-keistimewaan tersebut tidak didapat pada perayaan tahun baru lainnya.


Berikut kumpulan daftar ucapan kata-kata Tahun baru Saka 1941 Hari Raya Nyepi 2019 sebagai referensi yang bisa kamu kirim untuk orang teristimewa dalam hidup supaya memotivasi untuk sahabat, mantan, kekasih, suami, isteri, orangtua, anak, gebetan tercinta.

https://carabuatmendaftar.blogspot.com/



1. carabuatmendaftar ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan kebahagiaan, kedamaian, dan kesejahteraan kepada kita semua.


2. Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945. Semoga hari yang mulia ini lestari hingga ke anak cucu. Cinta untuk semua manusia, alam, dan masa depannya. Om shanti shanti shanti om.

https://carabuatmendaftar.blogspot.com/


3. carabuatmendaftar.blogspot.com mengucap syukur dan semoga kita saling maaf memaafkan (ksama) satu sama lain, untuk memulai lembaran tahun baru yang bersih, Selamat Tahun baru Saka 1945 Hari Raya Nyepi 2023.


4. Selamat Tahun baru Saka 1945 Hari Raya Nyepi 2023. Semoga kita sebagai ciptaan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) hendaknya saling menyayangi satu dengan yang lain, memaafkan segala kesalahan dan kekeliruan. Hidup di dalam kerukunan dan damai.


5. Melalui Perayaan Nyepi, dalam hening sepi kita kembai ke jati diri (mulat sarira) dan menjaga keseimbangan/keharmonisan hubungan antara kita dengan Tuhan, Alam lingkungan (Butha) dan sesama sehingga Ketenangan dan Kedamaian hidup bisa terwujud, Selamat Tahun baru Saka Hari Raya Nyepi 2023.


6. Selamat Tahun baru Saka Hari Raya Nyepi 2019. Semoga setiap pesan dalam ucapan selamat tahun baru mampu memupuk juga terbinanya kerukunan dan perdamaian. Karena mendapatkan kemuliaan hidup adalah hak setiap umat Nya.. Dengan segala kerendahan hati saya mengucapkan selamat merayakan Nyepi ...


7. Rahajeng Rahina Nyepi caka 1945, dumogi sareng sami ngemanggihin kerahayuan lan labda karya


8. Kami mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945, 22 Maret 2023 untuk umat Hindu di Seluruh Nusantara. Semoga Umat Hindu dimanapun berada selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.


9. carabuatmendaftar wishing you a Happy Bali's Day of Silence 2022 (Saka New Year 1945) for those who celebrate it.


10. Dalam Bahasa Inggris: HAPPY SECLUSION DAY GREETINGS

HAPPY NYEPI (SECLUSION) DAY AND SAKA NEW YEAR 1945
May this sacred day bring you one day of self-reflection for a better tomorrow.
Thursday, March 22th 2023
RAHAJENG RAHANI NYEPI DAN TAHUN BARU SAKA 1941

Arti / Terjemahannya:

SELAMAT HARI NYEPI 2023 DAN TAHUN BARU SAKA 1945
Semoga hari sakral ini membawa Anda satu hari refleksi diri untuk hari esok yang lebih baik.
Rabu, 22 Maret 2022


11. Selamat Hari Nyepi Tahun Baru Saka 1941. Rayakan hari ini dalam keheningan dan kedamaian ya.


12. Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 dan Hari Raya Galungan Lan Kuningan. Dumogi Shanti Lan Jagadhita - Dalam bahasa Bali yang arinya: Semoga damai dan sejahtera.


13. Selamat hari raya Nyepi 2023 tahun baru Saka 1941 kepada umat Hindu. Mari kita maknai hari raya Nyepi dengan konsep Tri Hita Karana, tiga hal yang mewujudkan kebaikan, yaitu Pariangan berarti keharmonisan hubungan manusia dengan Hyang Widhi Wasa (Tuhan), Pawongan berarti keharmonisan hubungan manusia sesama manusia, dan Palemahan berarti keharmonisan hubungan manusia dengan alam.


14. Selamat hari raya Nyepi tahun baru Saka 1941 pada tanggal 7 Maret 2019 kepada umat Hindu yang merayakannya. Semoga di tahun baru Saka ini, akan tercipta kedamaian;
Damai di hati;
Damai di dunia;
dan damai selalu ..


15. Kata-kata Nyepi dalam Bahasa Bali:
Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1945: Rahajeng Nyanggra Rahina Nyepi Caka 1941. Dumogi Rahayu Sareng Sinamian tur Ngardi Jagat Shanti lan Jagaditha.



16. Selamat Hari Raya Nyepi serta Galungan dan Kuningan
"Semoga Kita Semua Berada Dalam Lindungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa"


Itulah Contoh kumpulan ucapan kata-kata mutiara Tahun baru Saka 1945 Hari Raya Nyepi 2022 semoga contoh ini dapat menginspirasi Anda!!

Post a Comment for "KUMPULAN DAFTAR UCAPAN/KATA-KATA MUTIARA TAHUN BARU SAKA 1945 HARI RAYA NYEPI 2023"