GMAIL : MENYIAPKAN AKUN GMAIL

Menyiapkan akun Gmail itu mudah. Anda akan mulai dengan membuat akun Google, dan selama proses pendaftaran cepat Anda akan memilih nama akun Gmail Anda baik di hp Android, iPhone ataupun Laptop. Dalam pelajaran ini, carabuatmendaftar akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengatur akun Google untuk Gmail Anda, menambah dan mengedit kontak, dan mengedit pengaturan email Anda.




MENYIAPKAN AKUN GMAIL

Untuk membuat alamat Gmail, Anda harus terlebih dahulu membuat akun Google baik dengan hp Android, iPhone atau Laptop. Gmail akan mengarahkan Anda ke halaman pendaftaran akun Google. Anda harus memberikan beberapa informasi dasar seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lokasi Anda. Anda juga perlu memilih nama untuk alamat Gmail baru Anda. Setelah membuat akun, Anda dapat mulai menambahkan kontak dan menyesuaikan pengaturan email Anda.

GMAIL : MENYIAPKAN AKUN GMAIL

Untuk membuat akun:

  1. Kunjungi www.gmail.com.
  2. Klik Buat akun.
  3. Formulir pendaftaran akan muncul. Ikuti petunjuk dengan memasukkan informasi yang diperlukan.
  4. Selanjutnya, masukkan nomor telepon Anda untuk memverifikasi akun Anda. Google menggunakan proses verifikasi dua langkah untuk keamanan Anda.
  5. Anda akan menerima pesan teks dari Google dengan kode verifikasi. Masukkan kode untuk menyelesaikan verifikasi akun.
  6. Selanjutnya, Anda akan melihat formulir untuk memasukkan beberapa informasi pribadi Anda, seperti nama dan tanggal lahir Anda.
  7. Tinjau Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi Google, lalu klik Saya setuju.
  8. Akun Anda akan dibuat.

Tips: Sama seperti layanan online lainnya, penting untuk memilih kata sandi yang kuat dengan kata lain, kata sandi yang sulit ditebak orang lain. Oleh sebab itu sebaiknya pelajari panduan tentang cara membuat kata sandi yang kuat dari sumber terpercaya.


MASUK KE AKUN ANDA

Saat pertama kali membuat akun, Anda akan secara otomatis masuk. Namun, sebagian besar waktu, Anda harus masuk ke akun dan keluar setelah selesai. Keluar sangat penting jika Anda menggunakan komputer bersama (misalnya, di perpustakaan atau kantor) karena mencegah orang lain melihat email Anda.

Untuk masuk:

  • Kunjungi www.gmail.com.
  • Ketikkan nama pengguna Anda (alamat email Anda) dan kata sandi, lalu klik Next.

Untuk keluar:

Di sudut kanan atas halaman, cari lingkaran yang memiliki inisial pertama Anda (jika Anda sudah memilih gambar avatar, itu akan menampilkan gambar sebagai gantinya). Untuk keluar, klik lingkaran dan pilih Keluar.



PENGATURAN EMAIL

Kadang-kadang, Anda mungkin ingin melakukan penyesuaian pada penampilan atau perilaku Gmail. Misalnya, Anda dapat membuat tanda tangan atau balasan liburan, mengedit label, atau mengubah tema. Penyesuaian ini dapat dilakukan dari pengaturan email Anda.

Untuk mengakses pengaturan email Anda:

  • Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman, lalu pilih Pengaturan.
  • Dari sini, Anda dapat mengklik salah satu kategori di atas untuk mengedit pengaturan yang diinginkan.


MENAMBAHKAN KONTAK

Seperti semua penyedia email utama, Gmail memungkinkan Anda menyimpan buku alamat kontak sehingga Anda tidak perlu menghafal alamat email semua orang. Anda juga dapat menambahkan informasi kontak lainnya, seperti nomor telepon, ulang tahun, dan alamat fisik.

Untuk menambahkan kontak:

  • Klik tombol aplikasi Google.
  • Klik tombol Kontak di menu tarik-turun.
  • Layar kontak Anda akan muncul. Klik tombol Tambahkan kontak baru di sudut kanan bawah.
  • Masukkan informasi kontak, lalu klik Simpan.


Untuk mengedit kontak:

  • Di menu tarik-turun Google apps, pilih Kontak.
  • Temukan kontak yang ingin Anda edit, lalu klik Edit Kontak.
  • Anda sekarang dapat melakukan perubahan yang Anda inginkan ke kontak.


Catatan: Secara default, saat Anda mengirim email ke alamat baru, Gmail menambahkan alamat itu ke kontak Anda. Anda kemudian dapat pergi ke kontak Anda untuk mengedit informasi orang tersebut sesuai kebutuhan.



MENGIMPOR EMAIL DAN KONTAK

Anda mungkin sudah memiliki daftar kontak dari alamat email lain, dan akan banyak pekerjaan untuk memasukkan kembali semua informasi ini secara manual. Gmail memungkinkan Anda untuk mengimpor kontak Anda dari akun email lain, dan Anda bahkan dapat mengimpor semua pesan email Anda dari akun itu. Beberapa penyedia email didukung, termasuk Yahoo!, Hotmail, dan AOL.





UNTUK MENAMBAH AKUN LAIN:

  • Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman, lalu pilih Pengaturan.
  • Buka Akun dan klik Tambah akun email. Anda kemudian dapat mengikuti instruksi di layar untuk mengimpor surat Anda.


KESIMPULAN

  1. Jika Anda belum memiliki akun Gmail, buat satu atau lebih dari itu.
  2. Buka Gmail.
  3. Arahkan ke pengaturan Gmail Anda.
  4. Tetapkan preferensi Anda di pengaturan Gmail Anda.
  5. Tambahkan kontak baru. Anda dapat menambahkan yang sudah Anda kenal, atau jika ingin, Anda dapat membuatnya dengan informasi berikut:
    • Nama: carabuatmendaftar
    • Email: carabuatmendaftar@gmail.com

Post a Comment for "GMAIL : MENYIAPKAN AKUN GMAIL"