Cara Bayar Pajak Online Buat Kendaraan Bermotor

Sebagai wajib pajak yang taat tentunya terasa terbantu dengan adanya samsat online karena dapat memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor, tentunya tidak sedikit yang belum tahu bagaimana cara bayar pajak motor ataupun mobil melalui E-Samsat yang bisa dilakukan oleh wajib pajak.

Dengan samsat online atau e samsat maka anda tidak perlu repot mengantri dan datang ke lokasi samsat untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. Untuk membayar pajak kendaraan bermotor melalui online yang perlu dilakukan adalah dengan mengunjungi situs E-Samsat, mengisi data kendaraan, mengisi daftar kota tempat pengambilan nota pajak motor online, dilanjutkan dengan proses pembayaran pajak motor online, yang kemudian pengambilan nota pajak di Samsat.

Kunjungi Situs E-Samsat

Cara Bayar Pajak Online Buat Kendaraan Bermotor
Gambar: Situs esamsat Jateng



Langkah pertama yang harus dilakukan untuk bayar pajak kendaraan bermotor online adalah dengan mengunjungi situs E-Samsat yang ada di setiap provinsi.


Catatan: layanan pajak motor online ini tidak berlaku untuk antar provinsi. Sebagai contoh, Anda tinggal di Jakarta dan kendaraan bermotor Anda baik itu mobil maupun motor berpelat Jatim (Surabaya), maka untuk membayar pajak Anda harus menggunakan atau membuka e samsat Jawa Timur (Surabaya).


Berikut beberapa situs samsat online untuk informasi maupun bayar pajak motor berdasarkan provinsi:
  1. E-Samsat Jawa Barat: https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  2. E-Samsat Jawa Tengah: http://bppd.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  3. E-Samsat Jawa Timur: http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas
  4. E-Samsat Jakarta: http://bprd.jakarta.go.id/pajak-kendaraan-bermotor/
  5. E-Samsat Banten: http://dppkd.bantenprov.go.id/read/info-pkb
  6. E-Samsat Aceh: http://esamsat.acehprov.go.id/


Isi Data Kendaraan

Pada situs esamsat yang Anda buka, Silahkan isi data kendaraan:
  • Kota. Pilih sesuai dengan kota pelat nomor kendaraan Anda.
  • Samsat. Setiap kota pada umumnya memiliki beberapa kantor samsat, Silahkan Anda pilih lokasi samsat tempat kendaraan Anda.
  • Nomor Polisi (Nopol). Silahkan masukkan nomor pelat kendaraan bermotor Anda.
  • Kode Keamanan (captcha). Masukkan kode keamanan yang tertera pada captha.
  • Klik/Ketuk Cari.
Jika langkah-langkah pengisian data kendaraan motor yang dimasukan adalah benar, maka akan diarahkan ke halaman data kendaraan serta jumlah pajak yang harus dibayar dan denda.

Penting: Pastikan data yang telah Anda isi adalah benar dan sesuai dengan kendaraan yang akan Anda bayar pajaknya. Jika sudah silahkan klik tulisan ‘Apakah Anda ingin melakukan pembayaran?’.

Tentukan Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak Kendaraan

Apabila Anda melakukan pembayaran pajak di bank Mandiri dengan menggunakan Mandiri internet banking, maka cara bayar pajak motor online harus mengisi form kembali. Formulir yang Anda isi ini yang akan digunakan sebagai bukti untuk pengambilan nota pajak dan harus diserahkan ke Samsat kota Anda tinggal.

Form yang akan Anda isi adalah:
  • Kota. Masukkan kota tempat Anda akan mengambil nota pajak kendaraan bermotor.
  • Samsat. Silahkan isi dengan loksai samsat terdekat dengan tempat tinggal Anda.
  • Bank. Isi dengan nama bank yang akan Anda tentukan untuk membayar pajak kendaraan.
  • Layanan. Isi dengan layanan atau cara Anda membayar pajak kendaraan bermotor, jika menggunakan e-banking maka pilih internet banking.
  • Kode Bayar. Kode ini akan Anda dapatkan ketika mengklik Pengajuan “Kode Bayar” yang terletak di sebelahnya. Silahkan klik Print.
Saat formulir diisi dengan lengkap, maka akan muncul informasi terkait dengan kode bayar, jumlah uang yang wajib dibayarkan, dan alamat Samsat yang tadi telah Anda isi.

Sampai tahapan mengecek pajak kendaraan bermotor secara online, maka Anda telah mengetahui jumlah pajak kendaraan bermotor yang tertanggung. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran pajak kendaraan tersebut.

Bagaimana Cara Melakukan Pembayaran Kendaraan Bermotor Secara Online?.

Cara membayar pajak STNK melalui aplikasi E-Samsat setelah mendapat informasi berupa kode bayar, jumlah uang yang wajib dibayarkan, dan alamat Samsat yang akan dituju maka proses selanjutnya adalah pembayaran pajak kendaraan motor online.

Untuk pembayaran Anda dapat melakukan cara bayar pajak motor lewat ATM, Internet banking ataupun M Banking. Silahkan ikuti langkah cara bayar pajak bermotor online berikut.

Apabila Anda melakukan pembayaran pajak kendaraan motor menggunakan Internet Banking:
  • Pada menu klik Bayar.
  • Pilih Multi Payment.
  • Pilih lokasi Samsat yang sesuai dengan tempat tinggal Anda.

  • Catatan: Memasukkan kode pembayaran di kolom bawah yang telah didapat dari pengisian formulir pendaftaran di E-Samsat tadi.

  • Klik Lanjutkan.

    Selesai melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah Print out bukti pembayaran tersebut. Sebagai bukti sah HARUS dibawa ke samsat untuk ditukar dengan nota pajak kendaraan Anda yang baru.



Penting: Batas waktu penukaran nota pajak yang telah didapatkan berlaku maksimal hingga tujuh hari mulai dari Anda print out, Jadi sebaiknya lakukan penukaran nota pajak kendaraan motor secepat mungkin.

Cara Pengambilan Nota Pajak di Samsat.

Untuk mengambil nota pajak di Samsat tempat terdekat Anda tinggal, yang perlu dilakukan adalah menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan untuk melakukan pengambilan nota pajak motor, sehingga saat melakukan proses pengambilan dapat efisien.

Pengambilan nota pajak ini memakan waktu kurang lebih hanya 5 menit, tanpa ada biaya yang diperlukan hanya membawa bukti pembayaran, KTP dan STNK yang asli untuk diserahkan ke loket pembayaran.

Temukan beragam panduan, langkah-langkah, pedoman, dan acuan lainnya pada tulisan carabuatmendaftar. Di carabuatmendaftar.blogspot.com, kamu bisa membaca bermacam-macam cara untuk memandu permasalahanmu. ***

Post a Comment for "Cara Bayar Pajak Online Buat Kendaraan Bermotor"