KUMPULAN DAFTAR TEMA DAN HIKMAH PERINGATAN HARI ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

carabuatmendaftar.blogspot.com, - Isra dan Mi'raj adalah dua kata yang memiliki arti berbeda namun sangat bermakna juga penuh hikmah bagi seluruh umat Islam di dunia. Isra dan Mi'raj, Isro Miroj, juga dikenal sebagai Al Isra 'wal Miraj, diperingati pada tanggal 27 bulan Rajab, bulan ketujuh dalam kalender Islam. Peristiwa ini menandai malam di mana Allah SWT membawa Nabi Muhammad SAW dalam sebuah perjalanan dari Mekah ke Yerusalem dan kemudian ke sidratul muntaha (surga). Isra adalah kata Arab yang merujuk pada perjalanan malam ajaib Nabi Muhammad dari Makka ke Yerusalem, sebagaimana dijelaskan dalam dalam Surah Al-Isra dalam Al-Quran.


Peristiwa Isra’ secara eksplisit dijelaskan Allah diantaranya dalam QS. al-Isra (17) : 1 yang terjemahannya:


Maha Suci Allah yang telah menjalankan hambaNya (Muhammad) pada malam hari dari Masjid Al-Haraam (di Makkah) ke Masjid Al-Aqsa (di Palestina), yang Kami berkati sekelilingnya, untuk memperlihatkan kepadanya tanda-tanda (kekuasaan dan kebesaran) Kami. 



Kemudian dilanjutkan dengan peristiwa Mi'raj, dimana Mi'raj adalah kenaikannya ke surga. Menurut beberapa Hadis mengatakan perjalanan ini diyakini telah terjadi lebih dari setahun sebelum Nabi Muhammad pindah dari Mekkah ke Madinah, yaitu jatuh pada tanggal 27 Rajab.



Isra Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian bermakna ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu dalam sehari.


Peringatan hari Isra' dan Miraj di tahun 2022 ini jatuh pada tanggal hari senin Februari 2022. Dalam menyambut atau memperingati hari Isra' dan Miraj di tahun 2022 tentu harus dimaknai sepenuh hati bukan sekedar kata maupun ucapan semata.


https://carabuatmendaftar.blogspot.com/
Gambar: Kata Mutiara Ucapan Selamat Memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW


Berikui ini Kumpulan tema dan Makna peringatan hari Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang carabuatmendaftar rangkum sebagai bahan referensi apabila Anda membutuhkannya


TEMA PERINGATAN ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

Dari tahun ketahun tentu saja tema-tema terbaik dipilih dalam kegiatan acara peringatan Isro Mi'raj. Berkaca dari tahun 2021 tentu beberapa tema ini cocok untuk Acara di tahun 2022. Adapun contoh kumpulan tema-tema tersebut:
  • Dengan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad saw, mari kita jadikan sholat sebagai kebutuhan dgn sebagai cahaya bekal di kehidupan dunia dan akhirat.
  • Dengan memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 H kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam rangka mencetak generasi yang berahklakul karimah.
  • Peringatan Hari Besar Islam Isra Miraj Nabi Muhammad saw kita tingkatkan iman dan takwa, kita raih ilmu pengetahuan dan teknologi serta membangun ukhuwah islamiyah menuju peradaban yang madani.
  • Peringatan Hari Besar Islam Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 H "kita jadikan shalat sebagai sarana mewujudkan sifat tawadhu, disiplin, sabar dan jujur dalam bermasyarakat."
  • Peringatan Peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW "Hijrah Menuju Pribadi Yang Lebih Baik Dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan bukan sekedar kata dan ucapan semata".
  • Dalam memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW mari kita wujudkan kreativitas muda mudi Islam serta mewujudkan ukhuwah Islamiyah dan menanamkan Akhlakul Karimah.
  • Dengan Peringatan Isra Miraj 2022 mari kita tingkatkan Iman dan taqwa kepada Allah SWT, serta menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangannya.
  • Dengan hikmah peringatan Isra Miraj kita mantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai landasan moral di era global.
  • Dengan Memperingati Isra dan Miraj mari dekatkan diri kepada Allah SWT dengan shalat 5 waktu, puasa serta memahami keutamaan membaca Al-Qur'an bersedekah dan berinfaq.
  • Tegakkan Sholat lewat Semangat Isra Mi'raj
  • Isra’ Mi’raj 1443 H dan Peningkatan Produktifitas Amal dan Ibadah Setiap Hari
  • Maknai Hari Isra Mi'raj Sebagai Landasan Moral di Era Global
  • Mari Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Sebagai Wujud Kecintaan Kita Kepada Nabi Muhammad SAW
  • Peringatan Isra`Miraj Nabi Muhammad SAW Menjadi Teladan Bagi Kita Untuk Berhijrah Menuju Perilaku Kerja Yang Lebih Produktif.
  • Dengan Memperingati Isra’ Dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H 2022, Mari Kita Jadikan Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup.
  • Dengan Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1443 H, Kita Tingkatkan Kebersamaan dalam Mewujudkan Indonesia yang damai terutama Menjelang Pemilu Tahun 2022.
  • Hikmah Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.
  • Isra' Miraj Momentum Introspeksi Diri.
  • Merajut Ukhuwah Islamiyah dan kerukunan Umat



HIKMAH PERINGATAN ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

Adapun hikmah-hikmah yang dapat dipetik dari peristiwa Isra Miraj adalah.


1. Ujian ketebalan Iman karena Isra’ dan Mi’raj adalah perkara yang haq karena sharih bahkan sangat jelas dan eksplisit disebutkan dalam Al-Qur’an. Bagi mereka yang meyakini akan peristiwa ini tentu dapat mengambil makna yang terkandung dalam peristiwa bersejarah tersebut. Ada pelajaran besar dalam peristiwa yang terjadi dan cara untuk meningkatkan keyakinan dan kepastian.


2. Hikmah paling utama adalah Shalat Lima Waktu. Shalat merupakan jembatan komunikasi mahluk yang diciptakan dangan sang penciptanya. Shalat juga merupakan bagian dari rukun Islam.


3. Isra 'Mi'raj adalah mukjizat atau keajaiban besar yang Allah berikan kepada Sayyiduna Muhammad ﷺ dari masyarakat langit dan bumi, untuk menunjukkan keunggulannya atas keseluruhan umat manusia, baik jin, malaikat dan seluruh ciptaan Allah.


4. Kesabaran. Seperti diketahui hari Sebelum malam itu, Nabi ﷺ telah diuji dengan kesabaran dalam menghadapi kesulitan dan itu adalah salah satu kearifan Allah bahwa Dia menganugerahkan karunia-Nya sesudah melewati kesulitan/cobaan.


Tentu masih banyak sekali hikmah-hikmah yad bisa kita dapat dalam memperingati Isra Mi'raj ini, namun pada inti utamanya adalah bahwa hikmah sesungguhnya untuk meningkatkan Iman dan Disiplin terutama dalam hal Shalat 5 Waktu.



FAKTA PERINGATAN HARI ISRA DAN MIRAJ

1. Hari Peringatan Isra dan Miraj adalah hari libur besar dengan tujuan merayakan perjalanan malam Nabi Muhammad (SAW) dari kota suci Mekah ke 'Masjid Terjauh' di Yerusalem.


2. Pada kalender Islam, Isra Miraj, Isra Mikraj, Iro Miroj, Isra'a Wal Mi'raj atau juga dikenal sebagai Lailat dan Mi'raj, Al Isra'wal Miraj atau Laylat al Miraj umumnya diperingati pada hari ke 27 bulan Rajab, menurut Kalender Hijiriah. Tahun ini, pada kalender Gregorian, liburan jatuh pada hari senin, 28 Februari 2022.


3. Hari ini sangat penting karena dua alasan utama. Peristiwa Isra dan Miraj dimulai saat Nabi Muhammad di Kabah di Mekah. Nabi Muhammad dikunjungi oleh dua malaikat utama yang memberinya kuda bersayap bernama Buraq yang kemudian membawa Nabi ke 'Masjid Terjauh', yang diyakini oleh umat Islam sebagai masjid Al Aqsa di Yerusalem, tempat Nabi bergabung dengan para nabi sebelumnya dalam Shalat. Nabi kemudian naik ke surga di mana ia diberi tahu oleh Allah tentang kewajiban bagi umat Islam untuk sholat lima waktu sehari yang juga dikenal sebagai shalat. Bagian kedua dari perjalanan ini biasa disebut sebagai Miraj, sebuah kata Arab yang berarti naik.


4. Umat Muslim biasanya memanjatkan doa khusus sepanjang malam di masjid-masjid yang didekorasi secara khusus dan di rumah mereka untuk mencari berkah Allah.


5. Indonesia menetapkan liburan satu hari untuk merayakan hari suci.



KESIMPULAN KUMPULAN DAFTAR TEMA DAN HIKMAH PERINGATAN HARI ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW 27 RAJAB 1443 H TAHUN 2022

Dalam menyambut rajaban terutama memperingati Isra Miraj 2022 carabuatmendaftar.blogspot.com mengucapkan selamat merayakan hari Isra Miraj untuk saudara, teman dan seluruh umat Islam di dunia.

Post a Comment for "KUMPULAN DAFTAR TEMA DAN HIKMAH PERINGATAN HARI ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW"